Friday, June 25, 2010

Tutorial Pekan Imunisasi Hutan (Klik Pada Gambar)

Sekadar tutorial iseng, variasi dari teknik cell shading di posting terdahulu. Untuk membacanya bisa klik pada gambar atau klik kanan dan unduh pada komputer anda. Bagi yang membaca posting ini di facebook, biasanya gambar tidak muncul, jadi sebaiknya langsung kunjungi situs saya di http://ericbdg.blogspot.com. Jika ada pertanyaan mengenai detail lain pada tutorial yang memang tidak detail ini, silakan berkomentar. Terima kasih.

Pekan Imunisasi Hutan
Setelah beberapa waktu menggunakan teknik cel shading, sekarang saya sedang mencoba teknik lain. Lumayan sederhana, tidak terlalu banyak aturan. Mungkin sudah ada yang pakai, mungkin belum. Saya sengaja tidak memberi detail terlalu banyak, agar anda bisa bereksperimen lebih banyak, tidak terpatok melulu dengan langkah-langkah ini.

Langkah Pertama
Sketsa iseng di buku hitam saya, dengan bolpen merah Snowman, sangat pasaran. Kalau tidak menemukan benda ini, kemungkinan anda sedang berada di luar negeri atau di alam baka. Sketsa bisa menggunakan bolpen hijau atau biru, tetapi kedua warna tersebut cenderung semakin gelap, seiring dengan banyaknya arsir. Agak sulit menentukan mana garis yang benar, ketika semuanya sudah menjadi biru atau hijau gelap. Bagaimana dengan pensil? Saya mencoba menghindari pensil, agar ide lebih spontan tertuang, tidak terhambat oleh jeda karena ingin menghapus dan memperbaiki sketsa. Sejauh ini cukup berhasil.Langkah Kedua
Sketsa saya timpa (inking) dengan Snowman drawing pen 03. Maaf sekali ini bukan promosi, produk snowman saya pakai karena pasaran dan murah. Kualitasnya cukup memadai. Oh iya, sekadar tambahan, bagi pembaca yang berdomisili di Bandung, saya sarankan untuk membeli drawing pen ini di Balubur. Dulu saya pernah survei, harga disana kisaran Rp. 5500 hingga Rp. 6000-an satunya. Di toko-toko lain biasanya mulai dari 11.000 keatas.
Langkah Ketiga
Saya beri bayangan (shading) menggunakan marker Copic Sketch no C5. Kalau sulit menghafal nomornya, yang penting warna abu-abu. Kalau susah mencari marker ini, bisa cek di toko Tidar (Bandung), atau di belakang Trisakti (Jakarta), ada juga cabang toko tersebut. Kalau mau yang lebih lengkap, bisa cek di kompleks Bras Basah.
Langkah Keempat
Ilustrasi saya pindai (scan) dengan setelan RGB, 300 DPI. Lalu di Photoshop saya pilih image>adjustments>hue/saturation, dan pada pilihan edit, saya pilih warna merah serta magenta, lalu saya naikkan tingkat lightness sampai 100. Niscaya semua garis sketsa tersebut raib secara gaib (tapi tidak musyrik).
Langkah Kelima
Diatas layer ilustrasi ini, saya tambahkan layer kosong, dengan setelan multiply. Setelah itu saya mulai warnai objek-objek pada gambar, dengan Brush chalk 36 px, atau bisa juga dengan Brush oil pastel large 63 px. Biasanya shape dynamics saya matikan, dan brush opacity saya gunakan antara 45 hingga 70 persen. Untuk mencampur warna, sesekali saya menekan alt saat menarik kuas digital saya. Warna-warna yang keluar garis justru akan menambah kesan manual. Selain itu juga muncul kesan tidak rapi. Makanya kalau mewarnai teh yang rapi.

Langkah Keenam
Setelah pewarnaan beres, saya gunakan colour balance, levels, dan lighting effects untuk pencahayaan pada gambar. Pada tahap ini ada baiknya untuk menggunakan adjustment layer, karena lebih fleksibel untuk diotak-atik, baik setelan, blending mode, maupun masking-nya. Mungkin tahap paling lama adalah ini, karena banyak sekali alternatif yang bisa dimunculkan dari kombinasi-kombinasi setelan adjustment layer.


Ilustrasi Final:


Okeh, mungkin sampai sini dulu. Semoga cukup jelas.

7 comments:

Pipin said...

woah...thank gan tutorialnya..berguna sangat!
btw pertamax! hehe...

blakutak said...

ih mantap kang ilmunya...hatur nuhun, heheheh....

Rizka Amalia (Ica) said...

waah, makasih kak ilmunya, saya coba!

1.0 comic blog stories said...

baru tahu kalo' sketsa yang nggak rapi itu bisa dibikin hilang. makasih ilmunya kang...

Rina Saepulloh said...

eriiikk keren nih tutorialnya... patut di jiplak, eh maksudnya di coba
hasilnya juga gak kalah keran.
rik sering2 posting tutorial donk...
udah lama gak main gambar nih
thank u ya rik
salam buat bu manda & cute beatrix

arthworks said...

wah..mantap..mantap! makin mantap aja ilmunya rik. eh..apa kabarnya Batam? ^__^

RED.INK said...

keren kang...
wajib di coba yeuh...
nuhun ah inpo na...