Tuesday, December 02, 2008

Workshop: Mengisi panel secara bergilir

Mungkin karena bawaan profesi, saya ingin memposting mengenai workshop membuat cergam. Bisa dilakukan barengan. Sebaiknya memang dilakukan barengan, karena manusia adalah makhluk sosial.

Oke, hari ini saya posting workshop mengenai:

Mengisi panel secara bergilir

Buat panel pada kertas kosong, ukuran apapun. Untuk contoh ini, kebetulan kertas yang ada berukuran euh, F4. Hrmph... jadi ingat serial mandarin beberapa waktu lalu...

Karena saya tidak mengikuti serial itu, mari kita lanjutkan ke workshop. Dari kertas F4 (Hrrrgh!) tersebut, saya buat panel sebanyak enam buah (Lebih juga boleh):
Langkah berikutnya, saya isi panel pertama, untuk panel berikut diisi oleh rekan lain. Gaya gambar dan teknik bebas, Yang penting isinya nyambung, satu cerita. 

Hari ini sudah saya coba dengan tiga orang. 
Masing-masing membuat panel pertama, 
lalu kertas itu digeser ke rekan sebelahnya, 
dan rekan tersebut mengisi panel kedua. 
Diulangi terus hingga satu halaman penuh.

Setiap rekan sebaiknya mendapat kesempatan mengisi panel pertama dan panel terakhir, tentu saja dari cerita yang berbeda.
Kenapa? Karena kita belajar untuk memulai cerita dan menutup cerita. Kesulitan yang sering ditemui saat hendak membuat cerita adalah saat memulai dan saat mengakhirinya. 

Dibawah ini hasilnya, bikin bareng bersama http://dikasomnyum.deviantart.com/, http://bonnie-king.deviantart.com/, dan http://mokondo.deviantart.com/. 
Klik pada gambar untuk perbesaran.






Seru? Boring? Saya tidak tahu, silakan dicoba sendiri dengan teman-teman ;)


1 comment:

antown said...

ide yang bagus. saya blom pernah coba ginian. Biar gak bosan kali ya...

btw, itu kok anak deviant semua? hahaha. sip deh.
blogger juga bukan?

main k blogku bro.. ada kartun anyar