Sunday, December 28, 2008

KAUS MERAH BERHASIL MENINGKATKAN KEKERENAN PENGGUNANYA

Hingga 28 Desember 2008, Kaus Merah KGB  sudah berhasil meningkatkan ke-keren-an empat belas pemakainya. Berikut foto dari tiga pengguna kaus tersebut:

Dari kiri ke kanan: Riswan, Andika, Niken

Bagi yang ingin bertambah keren, segeralah memesan kaus merah KGB ini. Hmm... saya baru ngeh kalau kalimat "kaus merah KGB" seolah memiliki konotasi yang sama beratnya kaus Che Guevarra... halah...

Thursday, December 25, 2008

Sinterklaas en Witte Piet



He he he ini plesetan dari Sinterklaas dan Zwarte Piet (Piet Hitam). Disini saya ganti jadi Witte (Putih). Memang kebudayaan Sinterklas di sini itu dibawa dari Belanda. Berasal dari seorang Santo yang suka bagi-bagi kado ke anak-anak. Mungkin kalau sekarang mah bagi-bagi sembako ya? Dan si Zwarte Piet itu pelayan atau suruhannya, yang bakal masukin anak yang nakal ke karung dan memukulinya dengan sapu lidi. Beda banget dengan Sinterklas versi Amerika, dimana ceritanya tokoh tersebut tinggal di kutub utara, bersama para elf dan rusa terbang. Anak nakal engga pernah disinggung pada versi ini. Informasi selengkapnya didapat dari http://yabina.org/artikel/A'12_77.htm

Sunday, December 21, 2008

Merry Christmas and Happy New Year

Pohon natal standar dipakai karena melambangkan harapan dan semangat selama musim dingin. Pohon itu tetap hijau walaupun salju turun dimana-mana. Karena disini tidak ada salju, pohon yang sesuai untuk melambangkan hal serupa adalah pohon pisang. Oke, pohon mahoni dan kihujan juga bisa, tapi sedikit yang tahu. Lagi pula pohon pisang itu banyak sekali kegunaannya. Gedebognya bisa buat nancepin wayang, buahnya bisa dimakan/digoreng/dikolek, daunnya bisa untuk bungkus tempe, dan seterusnya. 

Thursday, December 18, 2008

WORKSHOP: MENCIPTA KARAKTER UNIK

Workshop ini berguna untuk melatih kita membuat karakter yang lebih hidup, sekaligus menguji apakah tokoh rekaan kita itu sudah cukup realistik atau unik, atau masih perlu dikembangkan.

Sekilas Mengenai Jenis Karakter

Karakter manusia terbagi empat tipe. Ada yang bilang tipe sanguinisphlegmatickolerik, dan melankolis, ada yang melambangkan dengan AnginTanahApi dan Air. Mari kita permudah dengan menyebut tipe itu sebagai Si AkuntanSi KalemSi Nekat dan Si Cerewet.

Si Akuntan: pendiam, kaku, lamban namun telaten.
Si Kalem: kalem dan kurang populer; hampir tidak punya musuh.
Si Nekat: inisiatif tinggi, suka tantangan dan sorotan.
Si Cerewet: suka mengobrol, moody, tidak bisa diam.

Apa saja tokoh-tokoh yang termasuk berkepribadian si  Akuntan?







Apa saja tokoh-tokoh yang termasuk berkepribadian si  Kalem?
Apa saja tokoh-tokoh yang termasuk berkepribadian si  Nekat?




Apa saja tokoh-tokoh yang termasuk berkepribadian si  Cerewet?








Sosok karakter yang "dalem" itu sebaiknya memiliki ketiga hal berikut:
  • Tujuan Hidup
  • Ciri Fisik yang unik
  • Gaya bicara yang berbeda
Apa saja contoh karakter yang memiliki tujuan hidup yang jelas?


Conan-> Bertujuan untuk membongkar mafia yang menyebabkan tubuhnya menciut.
Mat Som -> Penulis paruh waktu dengan penghasilan pas-pasan, suatu hari ditelpon ayahnya untuk segera menikah dengan teman di masa kecilnya, yang kini sudah sukses bekerja pada sebuah bank terkenal.
Doc Oct (versi Layar Perak)-> Bertujuan untuk menyelesaikan risetnya, walaupun harus menghalalkan segala cara.
Peter Parker -> Bertujuan membasmi kejahatan, setelah pamannya terbunuh oleh kecuekannya pada penjahat kelas teri.

Manakah karakter yang memiliki ciri fisik unik?





Manakah karakter yang memiliki gaya bicara yang berbeda?





Bagaimana dengan konflik?
Konflik adalah penghalang si karakter dalam mencapai tujuan utama. Bisa berupa musuh bebuyutan, atau sekadar nasib sial belaka.

Oke, penjelasan mengenai karakter sudah beres, mari kita mulai workshopnya!

  1. Buat/ ambil tiga karakter milikmu, sebaiknya masing-masing tokoh dibuat dengan tujuan hidup berbeda, ciri fisik berbeda, suku-agama-ras berbeda, logat bicara berbeda, dan budaya berbeda (contoh yg baik: sinetron suami-suami takut istri, Serial The Simpsons) Waktu: 15 Menit 
  2. Taruh ketiga karaktermu dalam setting cerita berikut:”Ketiga tokoh berada dalam perjalanan udara dengan pesawat adam air” (buat dalam sketsa cepat selama 15 menit, sebanyak empat panel)
  3. Dilanjutkan dengan adegan ”Terjadi turbulensi pada kapal! Penumpang mulai panik!” (sama, buat dalam empat panel selama 15 menit juga)
  4. Lalu tiba-tiba muncullah ”pramugari berkumis tipis menenangkan penumpang” (15 menit, empat panel)
  5. Kemudian ”sekelompok orang bertopeng dan bersenjata menyandera pramugari tersebut”(15 menit, empat panel)
  6. Mendadak ”Terjadi ledakan pada  sayap kanan pesawat” (15 menit, empat panel)
  7. Lalu”ponsel salah seorang tokoh berbunyi, membuatnya teringat akan kejadian masa lalu” (Dari sini cerita dibuat penyelesaiannya dengan sekreatif mungkin)
Workshop Selesai! Bandingkan karyamu dengan teman-teman lain. Minta pendapat mereka tentang karakter buatanmu. 
Apakah terasa perbedaan karakter satu dan yang lainnya? 
Bagaimana dengan gaya bicaranya? 
Apakah latar belakang budaya/pergaulan/suku/agama/ras/dll turut berperan dalam kehidupan tokohmu dan interaksinya dengan tokoh lain?
Coba untuk menghilangkan satu tokoh dari cerita tadi, apakah masih relevan? Jika ya, maka sebaiknya karakter tadi diberi peran yang menentukan jalan cerita, atau dibuang sama sekali. Sebuah karakter harus memiliki arti dalam sebuah cerita, sekecil apapun artinya. Samwise Gamgee (Lord of The Rings) hanyalah seorang pelayan, tapi tanpa kehadirannya, Frodo tidak dapat berhasil. Demikian juga dengan Neville Longbottom (Harry Potter) dan C3P0 (Star Wars). Tidak menonjol dalam satu cerita bukan berarti tidak penting.
Tapi dalam latihan tadi, hanya cerita pendek, jadi besar kemungkinan karakter tidak terlalu berperan. Tidak apa-apa, untuk mematangkan karakter, tempatkan tokoh itu dalam berbagai setting dan masalah. Adu konflik dengan karakter lain. Lakukan terus.

Mungkin sampai sini dulu. Semoga apa yang saya bagikan hari ini bisa jadi bahan untuk berlatih.

workshop ini bertujuan untuk melatih, bukan membocorkan soal ujian. 
Kembangkan apa yang kamu dapat hari ini, jangan berhenti setelah workshop ini beres.

Komentar dan saran silakan dilayangkan ;)

Bibliografi:
Making Comics, Scott Mccloud,
Personality Plus, Florence Litteur,
Four Elements of Success, Laurie Beth Jones.

Monday, December 15, 2008

KGB - Monster Mata (Klik Biar Gede - KBG)

Ini iseng doang, lagi nyobain pake kuas sintetis. Lumayan juga, ga perlu bolak-balik nyelupin ke botol tinta cina. Kaya rapido dengan ujung kuas.

Thursday, December 11, 2008

TALKSHOW DAN PAMERAN KOMIK DI ITB



Ini bantu-bantu nyebarin info lagi:
Diambil dari: 

heya! buat yang di Bandung, KM ITB ngadain acara komik - ada talkshownya tanggal 12 ini, dan ada pamerannya selama seminggu penuh. Lumayan buat ngumpul2 sama liat2 :D

TALKSHOW KOMIK DAN KEBUDAYAAN
Jum'at 12 Desember 2008
15.00-17.00 (dilanjutkan pembukaan pameran)
Campus Centre Barat ITB lantai 2, R.29
Pembicara : 
- Yasraf Amir Piliang (Dosen DP ITB dan pakarnya kebudayaan)
- Alvanov Zpalanzani (dosen DKV dan yang bikin martabak komikita)
- Pidi Baiq (komikus, rocker, all-round entertainer)
- Azisa Noor (er, komikus mahasiswa, dunno how I get there XD ) 

PAMERAN KOMIK MAHASISWA
ngeshowcase karya2 komik dari mahasiswa2 Bandung (yang bisa ditemukan 
^^;, namely)
12-19 Desember 2008
09.00-17.00

Dijual juga komik-komik karya mahasiswa Bandung dan komk-komik indie,fotokopian, maupun komik yang udah bagus mbungkusnya oleh macam-macam komikus Bandung 
:D
oh yeah,ada bursa komik elex juga, sapa tau pas diskonan 30% kemaren gak sempet XD
aaand....there'd be doorprizes, yay 
:P

Sponsored by ITB, KMITB, Elex Media, Papyrus, and 
:iconkcbmanyala:

Kalo sempet maen-maen yah ^^ )aaand kalo disini ada mahasiswa yang masih mau ikutan pameran walo udah mepet hubungin aja 0811210620, bisa diselipin secara diam-diam saat semuanya menoleh ke arah lain >D

Wednesday, December 10, 2008

Wednesday, December 03, 2008

Dicari, Fasilitator Workshop Komik

Sekadar Nyebarin Info:

Pelaksanaannnya minggu ketiga desember sebelum liburan natal.
Tempatnya di Makassar di Kampus Unhas. Peserta 10 orang. kami butuh mungkin 1 orang yang bisa menjelaskan konsep :
-Bahasa gambar dalam komik
-Teknik menggambar tokoh dan pengembangan karakter tokoh
-Memadukan teknik menggambar tradisonal dengan teknik menggambar digital
-Penggunaan software untuk menggambar komik
Bentuknya workshop. output dari kegiatan ini adalah peserta dapat membuat komik untuk gerakan melek media.

Kalo soal lama pelatihannya, materi spt kertas, laptop dan alat tulis dll bisa dikonsultasikan langsung ke pihak penyelenggara.

Bagi yang tertarik silakan kirim email ke Yosse (yosse_14@yahoo.com).

Tuesday, December 02, 2008

Workshop: Mengisi panel secara bergilir

Mungkin karena bawaan profesi, saya ingin memposting mengenai workshop membuat cergam. Bisa dilakukan barengan. Sebaiknya memang dilakukan barengan, karena manusia adalah makhluk sosial.

Oke, hari ini saya posting workshop mengenai:

Mengisi panel secara bergilir

Buat panel pada kertas kosong, ukuran apapun. Untuk contoh ini, kebetulan kertas yang ada berukuran euh, F4. Hrmph... jadi ingat serial mandarin beberapa waktu lalu...

Karena saya tidak mengikuti serial itu, mari kita lanjutkan ke workshop. Dari kertas F4 (Hrrrgh!) tersebut, saya buat panel sebanyak enam buah (Lebih juga boleh):
Langkah berikutnya, saya isi panel pertama, untuk panel berikut diisi oleh rekan lain. Gaya gambar dan teknik bebas, Yang penting isinya nyambung, satu cerita. 

Hari ini sudah saya coba dengan tiga orang. 
Masing-masing membuat panel pertama, 
lalu kertas itu digeser ke rekan sebelahnya, 
dan rekan tersebut mengisi panel kedua. 
Diulangi terus hingga satu halaman penuh.

Setiap rekan sebaiknya mendapat kesempatan mengisi panel pertama dan panel terakhir, tentu saja dari cerita yang berbeda.
Kenapa? Karena kita belajar untuk memulai cerita dan menutup cerita. Kesulitan yang sering ditemui saat hendak membuat cerita adalah saat memulai dan saat mengakhirinya. 

Dibawah ini hasilnya, bikin bareng bersama http://dikasomnyum.deviantart.com/, http://bonnie-king.deviantart.com/, dan http://mokondo.deviantart.com/. 
Klik pada gambar untuk perbesaran.






Seru? Boring? Saya tidak tahu, silakan dicoba sendiri dengan teman-teman ;)