Sunday, September 28, 2008

Wednesday, September 24, 2008

AKSI UU PORNOGRAFI PADA KOMIK PERSEPOLIS (Klik Pada Gambar)


Melihat kejadian diatas, saya berpikir mungkin nantinya (kemungkinan terburuk) RUU Pornografi bisa jadi diterapkan serupa, karena pasal-pasal yang ambigu. Baiklah untuk mudahnya, saya posting dua pasal yang menurut saya sangat rancu:

  1. (Ps. 1) Pornografi adalah materi seksualitas yang dibuat oleh manusia dalam bentuk gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, bunyi, gambar bergerak, animasi, kartun, syair, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk pesan komunikasi lain melalui berbagai bentuk media komunikasi dan/atau pertunjukan di muka umum, yang dapat membangkitkan hasrat seksual dan/atau melanggar nilai-nilai kesusilaan dalam masyarakat.
  2. (Ps. 6) Setiap orang dilarang memperdengarkan, mempertontonkan, memanfaatkan, memiliki, atau menyimpan produk pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1), kecuali yang diberi kewenangan oleh perundang-undangan.

Setelah ditelaah lagi, pasal 1 itu sangat mudah ditafsirkan berbeda, karena hasrat seksual manusia sulit sekali untuk diatur. Seorang pria bisa saja menganggap seorang wanita berpakaian jaket biru, gelap dan longgar dianggap merangsang, sementara di sisi lain, seorang nenek berusia 103 tahun dengan kemben minim dianggap biasa-biasa saja. 
Saya punya kekuatiran, pasal ini bisa menjadi landasan hukum bagi massa seperti FPI untuk menggerebek dan menindas tempat dan orang yang, menurut sudut pandang mereka, melanggar pasal 1. 
Hasrat seksual tidak bisa dipahami secara hitam-putih. Ada yang menganggap leher jenjang itu seksi, ada juga yang menganggap bibir seperti Angelina Jolie (atau mungkin Mandra) itu mengundang hasrat. Ada juga yang mengatakan sangat bergairah saat melihat kuli bangunan yang berotot membawa sekarung semen sambil bermandikan berkeringat, tentu dengan hanya berpakaian singlet dan celana jeans sobek-sobek ala Dexys Midnight Runners. 
Oke, intinya adalah, hasrat seksual adalah hal yang sangat abu-abu, sulit untuk dipetakan mana yang mengundang birahi, mana yang tidak. Yang jelas, semakin dicekoki oleh materi pornografi, otomatis seseorang itu akan semakin mudah untuk berpikir kearah sana. Jika setiap saat pikiran seseorang hanya fokus pada Facebook, Javascript, Sepakbola, dan kamera SLR yang supermurah di daerah glodok, saya pikir akan sulit untuk berpikir ke arah pornografi. Malah bisa timbul istilah seseorang yang "terangsang" oleh performa prosesor Intel terbaru yang berkapasitas delapan kali prosesor biasa.
Untuk RUU Pasal 6, saya pikir itu juga membingungkan. Bagaimana negara dapat mengetahui apakah setiap orang memiliki materi pornografi atau tidak? 
Apakah nantinya setiap laci pada setiap lemari di setiap kamar pada setiap rumah akan digeledah? Lalu pelaksananya siapa? Polisi biasa? Ataukah unit khusus "Polisi Syariat" seperti pada komik Persepolis? 

Lagi pula jika, kemungkinan terburuknya, RUU disahkan secara voting, bukankah itu tidak sah? Bukankah seharusnya disahkan secara musyawarah untuk mencapai mufakat? Mau dikemanakan demokrasinya?

Tambahan, selengkapnya mengenai RUU Pornografi -> Klik Ke sini.

Wednesday, September 17, 2008

PEMENANG KONTES KAUS


SETELAH MENGHITUNG HASIL POLLING AKHIR, PANITIA MEMUTUSKAN: KAUS BERIKUT BERGAMBAR KAKEK-GADIS-BUAYA!
*suara tepuk tangan*
DAN BERIKUT ADALAH NOMINASI DARI PEMASOK ARGUMEN KREATIF TENTANG ALASAN MENGAPA MEMAKAI KAUS ITU, DAN APA REAKSI YANG KAMU HARAPKAN DARI ORANG LAIN SAAT MELIHATMU MEMAKAINYA?
  • ~XISHIO : kalo kata buaya "Lu Ga Suka ma gw? Gw makan lu!". Jadi gw pilih die, takut di makan^^. kenapa warna ijo, karena emang buaya suka berbunglon ria.
  • PANGKETEPANG : Orang bakal ngomong.... "Buaya Darat!"
  • CREAMINIL : biar diliatin orang dong
  • ANDIKA : Reaksi yang diinginkan: "Andika, kamu keliatan keren dan semakin muda.""Oh ya?" "Pasti pake susuk." "Nggak, kok. Cuma pake kaos ini."
  • DIKI CHICKENSTRIP : kaosnya cowo buaya!
DAN PEMENANGNYA ADALAH: *jreeng*

Sdr Andika dari kota Bandung!

Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasinya, mengenai peserta yang belum berhasil, jangan patah semangat, masih banyak kesempatan kok!

Produksi Kaus akan dilakukan setelah lebaran, dengan desain lebih menarik (yang diatas mah hanya iseng doang bikinnya).
Sekali lagi, tepuk tangan buat pemenang dan para peserta lomba!
*pyak pyok pyak pyok*


NB:
JIka ada komentar atau saran, silakan dilayangkan segera. Atas partisisapinya saya ucapkan tararenkyu.

Sunday, September 14, 2008

Broken Beni Berikutnya

Ini komik iseng juga seputar pertemanan dan perbedaan. Silakan cek di:

http://erickbandung.com/WEBCOMIC/RELIGIOS/pages/ReligiOS_002.htm.

Kalo garing atau gimanaaa gitu... silakan komentar dan kritik yah!

Eniwei, gua juga bikin wallpaper berdasarkan komik tadi, silakan unduh di

http://erickbandung.com/Wallpapers/JPG%201024/Triplet-OSMed.jpg

Untuk ukuran kecil dan besar, langsung ajah bertandang ke

http://erickbandung.com/wallpapers%20pg2.html.

Enjoy, coy!

Tuesday, September 02, 2008

Festival Buku cerita dan Ilustrasi Indonesia

Picturebookfest
Bantu-bantu nyebarin nih! Ayoh ikutan yah!
Jurusan DKV Itenas mengundang semua pihak yang berminat pada bidang penulisan dan ilustrasi buku cerita untuk mengikuti
"Festival Buku cerita dan Ilustrasi Indonesia" dengan tema:

63 Cerita Untuk Indonesia

Yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-25 November 2008
di GSG Itenas. Mengundang masyarakat luas dan para penerbit
Pendaftaran peserta ditutup tanggal 25 September 2008
Entry karya untuk seleksi ditutup 24 Oktober 2008.
Informasi lebih lanjut: email ke : 63ceritauntukindonesia@gmail.com atau tel : 022-91690923
Selengkapnya di http://63ceritauntukindonesia.blogspot.com/

NB: Gambarnya mah iseng aja gw buat, biar lebih menarik. Oh iya, bisa dijadiin wallpaper juga loooh.